10 Manfaat Dan Khasiat Buah Sukun

By | August 29, 2016

10 Manfaat Dan Khasiat Buah Sukun

10 Manfaat Dan Khasiat Buah Sukun

Apakah anda pernah melihat pohon sukun ? Sukun adalah salah satu jenis buah yang enak untuk dimasak menjadi berbagai jenis sajian, bisa digoreng atau juga bisa direbus, rasanya manis dan mengenyangkan.

Buah sukun, tanaman sukun termasuk dalam golongan tanaman seperti kluwih sehingga karakter pohon batang, daun dan buahnya memang hampir sama seperti kluwih.

Namun  sukun tidak hanya  buahnya saja yang enak dimakan , tetapi daun sukun yang berbentuk lembaran besar sedang dan kecil juga sangat bermanfaat bagi manusia, bentuk daun ada garis -garis yang tegas dengan warna hijau tua dan hijau muda.

Daun sukun yang kering dapat mengatasi beberapa jenis penyakit, menurut hasil penelitian, ditemukan senyawa yang kuat, daun sukun kering seperti  mengandung zat anti inplamasi, riboflavin dan asam hidrosianat, juga asetikolan dan  tanin.

Daun sukun kering mengandung zat anti oksidan yang tinggi dan beberapa jenis mineral lainnya, dan  pohon sukun tidak hanya bagian buahnya saja yang bermanfaat, tapi daunnya juga  sudah terbukti kalau daun sukun berkhasiat, juga dapat ditanam sebagai tanaman obat,

Dibawah ini ada beberapa uraian tentang manfaat dari daun sukun yang kering:

1. Mengobati penyakit ginjal

10 Manfaat dan khasiat buah sukun, Daun sukun bisa dipakai untuk mengobati yang punya penyakit ginjal, Penyakit ginjal menjadi momok penyakit yang sangat menakutkan, orang yanng menderita penyakit gagal ginjal harus cuci darah secara rutin, tapi efek dari pengobatan ini tidak cukup baik untuk tubuh, sehingga  penderita skit ginjal tidak ingin menjalani cuci darah.

Tapi dengan daun sukun kering  bisa digunakan sebagai obat yang sangat manjur, karena daun sukun memiliki senyawa khusus yang bisa mendorong efek diuretik,  penderita sakit ginjal  bisa  terapi ini selama beberapa bulan hingga benar-benar  sembuh.

2. Menurunkan kadar kolestrol.

Kadar kolestrol berasal dari makanan, yang banyak mengandung lemak , jenis lemak ini bisa berada dari berbagai macam daging yang mengandung lemak/gajih seperti lemak  dagimg sapi, lemak kulit ayam unggas, dan minyak nabati.

Kebanyakan kolestrol tidak akan bisa digunakan oleh tubuh dan kolestrol akan menumpuk dalam darah, dan efek jangka lamanya bisa menyebabkan penyakit jantung dan  stroke, ternyata daun sukun bisa dipakai sebagai obat menurunkan kadar kolestrol, kolestrol akan keluar dari bagian darah dan menjadi sisa sisa metabolisme  akan keluar melalui air seni atau buang air besar.

3. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung.

10 Manfaat dan khasiat buah sukun, Penyakit jantung  disebabkan oleh bermacam-macam  seperti : adanya komplikasi dari stroke, diabetes atau penyakit gula juga dari gagal ginjal, metabolisme tubuh yang buruk dapat menyebabkan terbentuknya plak pada pembuluh darah, sehingga terjadi pengerasan pembuluh darah dan  kelainan pada jantung.

Bagian yang sangat  mengerikan adalah serangan jantung dan itu bisa terjadi kapan saja, untuk mengatasi  menurunkan resiko penyakit jantung, anda bisa menggunakan terapi dengan air teh dari daun sukun, daun sukun dapat menekan darah dan aliran pada pembulu darah menjadi lebih baik, efek  jangka lamanya bisa membuat jantung anda menjadi lebih sehat.

4. Mencegah Pembentukan Sel Kanker.

Penyebab kanker adalah karena adanya kerusakan sel-sel sehat dalam tubuh karena radikal bebas, yang mengakibatkan kanker, kanker sel muncul disemua organ tubuh dan bermetastasis kebagian tubuh lainnya, untuk menurunkan resiko kanker dan penyembuhannya maka rebuslah daun sukun kering,daun sukun kering bisa menjadi pengganti kometerapi.

5. Mengobati Asam Urat.

Asam urat dusebabkan karena tingginya kadar asam dalam pembuluh darah, penyakit ini umumnya timbul pada orang lanjut usia, teh daun sukun yang telah dikeringkan secara efektip dapat menurunkan asam urat, daun sukun kering mempunyai efek anti inflamsi sehingga dapat menurunkan peradangan pada sendi, disamping itu hindari sayur hujau yang bisa menyebabkan naiknya asam urat seperti kangkung, bayam kacang panjang sawi juga makanan yang mengandung lemak hewan.

6. Mencegah Penyakit Liver.

10 Manfaat dan khasiat buah sukun, Hati yang berfungsi untuk menetralisirkan bisa mengalami kelainnan karena metabolisme tubuh yang tidak sehat, minuman alkohol juga rokok bisa meningkatkan penyakit hati ( liver ), daun sukun kering yang sudah direbus dijadikan dalam bentuk teh sangat bermanfaat pada peradangan atau pembengkakan hati.

7. Mengobati Alergi.

Gatal-gatal pada tubuh karena makan sesuatu karena tubuh tidak bisa membentuk hormon dan enzim untuk membuat sistem anti alergi akibatnya tubuh mengalami beberapa kegagalan dalam membuat kekebalan pada zat tertentu, konsumsi daun sukun kering, sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah alergi, saat terapi sebaiknya hindari berbagai pemicu alergi.

8. Mengobati Penyakit Pembesaran Limpa.

Karena rusaknya limpa dalam tubuh yang penyebabnya macam-macam, dan yang terlalu sering karena tubuh banyak menanpung racun, enzim dan hormon dalam tubuh mengalami kerusakan, dan macam-macam makanan busuk membuat limpa tidak berfungsi dengan semestinya, daun sukun sangat bermanfaat dan befungsi untuk anti racun dan bisa mengeluarkan racun dalam tubuh, daun sukun kering yang sudah dibuat teh akan efektip untuk menyembuhkan penyakit ini.

9. Mengobati Sakit Gigi.

Sakit Gigi ? …. yang disebabkan karena berlubang pada gigi rasa sakit akan menyerang karena banyak bakteri dan kuman yang menumpuk pada lubang gigi tersebut, daun sukun kering sangat bermanfaat sabagai anti racun dan akan membunuh semua kuman dan bakteri yang ada di lubang gigi itu, berkumur dengam teh rebusan daun sukun kering itu akan membuat efek menenangkan pada rasa sakit di gigi.

10. Anti Pendarahan.

10 Manfaat dan khasiat buah sukun, Dulu rebusan daun singkong kering sering menjadi obat pendarahan, terutan pada ibu-ibu yang baru melahirkan, dengan daun sukun kering dapat menhentikan darah encer sehingga pendarahan bisa dihentikan, dan membuat kesehatan cepat pulih.

Tips Untuk Membuat Ramuan daun sukunkering.

Pastikan memilih daun sukun yang segar dan masih menempel ada batangnya, jangan menggunakan daun yang sudah jatuh apalagi busuk, untuk membuat tehnya pilih beberapa lembar daun sukun yang sudah tua, cuci daun sukun dengan air mengalir, bersihkan dengan sikat,  pilih daun sukun yang tidak sobek atau berkerak, potong halus daun sukun yang masih basah, jemur dibawah matahari, dalam proses pengeringan jangan sampai terkena air, rebus daun sukun yang sudah kering, bila sudah tersisa setengahnya tambah lagi airnya, rebus sampai berwarna coklat kental, saring rebusan daun sukun dan gunakan untuk beberapa jenis penyakit seperti diatas tadi, tambahkan madu atau gula batu untuk menghilangkan efek rasa pahit

 

 

 

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar