5 Penyebab Keputihan Saat Hamil

By | April 12, 2016

5 Penyebab Keputihan Saat Hamil

5 penybab keputihan saat hamil

5 Penyebab Keputihan Saat Hamil,  pada wanita saat hamil  itu biasa terjadi pada masa hamil muda maupun  hamil tua. Kehamilan merupakan saat-saat yang bahagia dan  ditunggu oleh semua pasangan muda khusuya,  baik itu pasangan baru menikah ataupun yang sudah lama menikah.

Bagi  kehamilan yang pertama tentu saja banyak mengalai kecemasan dan kekhawatiran, apalagi sampai mengalami keputihan pada saat hamil muda. adapun  gejala keputihan saat hamil yang dialami biasanya memang keputihan yang masih normal  normal saja yang ditandai dengan keluarnya cairan bening melalui organ genital wanita yang tidak berbau atau  tidak berwarna.

Meskipun  demikian, wanita yang sedang hamil mengalami keputihan  hendaknya  harus tetap waspada apabila keputihan yang  diiringi dengan bercak – bercak warna kemerahan.

Wanita hamil biasanya lebih rentan terkena keputihan,  terutama  keputihan pada saat usia kehamilannya masih muda . Ini bisa dikarenakan   kondisi tubuhnya yang memang mengalami perubahan pada hormonal, sehingga menstimulasi  membuat keluarnya cairan dari bagian intim wanita.

Untuk  itu perlu memperhatikan beberapa penyebab, mengenai keputihan yang dialami pada wanita  saat hamil , apa sajakah penyebab keputihan saat wanita hamil, berikut ada 5 penyebab keputihan saat hamil : Apa saja penyebabnya

1. Perubahan akan Hormonal Wanita

Perubahan hormonal ini secara langsung maupun tidak langsung  bisa mempengaruhi keseimbangan pada hormon estrogen maupun  progesterone, sehingga pada keputihan saat hamil merupakan  reaksi perubahan hormonal yang biasa terjadi. Hormon tersebut ialah  hormon FSH dan LH yang diproduksi  hormon estrogen merupakan akibat aktivitas kelenjar hipofisa pada otak pada saat mengalami kehamilan.

2. Terlalu Lelah/Kecapaian

Keputihan saat hamil bisa disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan  yang dilakukannya memicu pada kelelahan dan kekurangan cairan  elektrolit pada  tubuh, sementara  itu janin masih dalam kandungan sangat memerlukan  elektrolit dalam tubuh yang dilirim  lewat plasenta. Ketidak seimbangan elektrolit antara janin dan tubuh wanita yang  sedang hamil akan memancing timbulnya suatu reaksi hormonal berupa keputihan.

3. Berlebihan  mengkonsumsi Makanan Fermentasi.

Mengkonsumsi makanan- makanan  tertentu yang berasal dari hasil proses fermentasi seperti keju dan tape atau bahkan tempe pada saat masa kehamilan itu juga juga bisa mempengaruhi keseimbangan pada hormonal sehingga bisa  terjadi keputihan pada saat hamil.

4. Perubahan pH vagina dan Rahim

Keputihan saat hamil juga bisa isebabkan oleh perubahan derajat dan keasaman dalam vagina dan rahim akibat dari aktifitas hormon dan pertumbuhan dengan  perkembangan janin.

5. Terus Menerus Merasa Cemas dan Depresi

Keputihan saat hamil  juga kebanyakan ditimbulkan oleh stres dan depresi. Hal ini yang dapat memicu  pada timbulnya produksi hormon yang merusak komposisi  dan keseimbangan hormon. Keputihan yang terjadi  ini akibat reaksi dari ketidak seimbangan hormonal yang membuat  terganggunya beberapa sistem dalam kelenjar penghasil hormon.

Serangkaian penyebab keputihan ini pada  saat hamil seperti di atas, seharusnya  tetap selalu dipantau pada masa-masa dalam kehamilan supaya  keputihan yang terjadi ini tidak berkembang menjadi keadaan yang lebih parah, contoh seperti  keputihan yang dibarengi  dengan perdarahan.

Bila sudah terjadi demikian, cepatlah ambil  tindakan/berobat dan cara  penanggulangan nya apabila sudah diketahui keputihan pada saat hamil  diikuti dengan bercak darah, karena ini semua bisa jadi mengakibatkan keguguran  pada kandungan ibu hamil, atau akan  timbul masalah pada perlekatan plasenta.

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar