Cara Latihan Bersama Burung kacer

By | February 20, 2016

Cara Latihan Bersama

Cara Latihan Bersama
Artikel lanjutan Cara melatih burung kacer, sekarang kita akan membahas Cara Latihan Bersama , Sebaiknya burung ini sering dilatih untuk bertemu dengan kacer kacer lain , awalnya latihan bersama cukup dilakukan dengan 2 – 5 ekor kacer dalam jarak yang agak berjauhan, bila kacer mau berkicau jaraknya bisa diperdekat lagi, demikian seterusnya berangsur angsur jaraknya semakin diperdekat setiap kacer sudah nau berbunyi, hingga ahirnya antar sangkar kacer saling berdekatan.
Cara melatih dan mengisi kicauan, Latihan bersama ini sebaiknya dilakukan secara terus nenerus setiap dua minggu sekali, sesekali kacer diajak latihan bersama dengan jumlah yang lebih banyak, latihan bersama tersebut hampir setiap hari minggu diadakan dipasar burung atau oleh kelompok pencinta burung.
Cara latihan bersama, Untuk melakukan latiha rutin membutuhkan rangsangan dari luar, kita bisa memberikan rangsangan dengan memperdengarkan suara kicauan dengan memetetnya, atau dengan bantuan kacer betina.
Selain suara kicauan burung lain , kaset suara burung pun bisa digunakan untuk merangsang burung kacer berkicau , kaset yang digunakan bisa kaset suara kacer atau burung burung lainnya, pemutaran kaset sebaiknya saat suasana sepi dengan volume suara kecil sehingga kacer tidak jatuh mental.
Memetet burung sambil bersiul memang bisa dilakukan untuk merangsang kacer berkicau, akan tetapi sebaiknya cara ini jangan terlalu sering dilakukan , dihawatirkan kacer menjadi manja sehingga saat lomba nanti kacer tidak mau bersuara bila tidak dipetet.

Persiapan Lomba

Cara latihan bersama, Persiapan lomba dilakukan seminggu sebelumnya hari lomba tiba, pakan dan minumnya harus tetap menjadi pusat perhatian, pakan tetap dalam jumlah cukup, terutama pakan utamanya, jangan sampai pakan utama tersebut berlebihan karena justru akan membuat kacer menjadi gemuk, kegemukan merupakan hal yang sangat merugikan karena kacer akan menjadi loyo dan malas bergerak atau berkicau.
Jangan lupa beri vitamin dalam minumnya, khususnya vitamin yang banyak mengandung vitamin C seperti Redoxon , Xon-ce dan sebagainya, cukup 3 – 5 tetes per hari.vitamin C ini diharapkan dapat menjaga stamina burung agar tetap sehat dan kuat serta tidak mudah sakit.
Sementara extrafooding yang berupa jangkrik bisa ditambah dari dua ekor menjadi lima ekor per hari tiga ekor pagi hari dan dua ekor sore hari, dan untuk kroto segar jangan ditambah jumlahnya , secukupnya saja kalau perlu sedikit saja, apabila kelewat banyak , kacer akan menjadi panas dan mudah birahi sehingga kicauannya menjadi tidak maksimal.
Cara latihan bersama, Sebelum berangkat lomba kebutuhan akan mandi jangan lupa dipenuhi dulu, bila kebutuhan tersebut terlewatkan selain kacer kurang bersemangat dihawatirkan pada saat lomba burung itu malah sibuk mandi dengan air minumnya.
Jadi setelah kacer diberi makan voor, jangkrik, dan kroto segar kacer diberi kempatan mandi lebih dahulu , kemudian usai dijemur segera kerudungi sangkar agar kacer merasa dalam suasana tenang dan santai, beberapa waktu kemudian kacer bisa segera diangkut menuju lokasi lomba.
Di lokasi lomba sebaiknya sangkar diletakan di daerah yang agak sepi pengunjung dan teduh, ditempat tersebut kacer akan mengenali lingkunmgan barunya, secara berangsur angsur dan mencoba beradaptasi , adaptasi terseburt sangat dibutuhkan untuk mempertahankan kekuatan mentalnya sehingga kacer mau nerkicau saat waktu lomba tiba.
Sebelum digantang untuk berlaga periksa tempat minumnya dan beri air secukupnya.

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar