Cara Melatih Burung Kacer

By | February 20, 2016

Cara Melatih Burung Kacer

Cara Melatih Burung Kacer
Artikel lanjutan dari Cara merawat burung Kacer , sekarang kita akan membahas tentang Cara Melatih Burung Kacer, Setelah dewasa umur kurang lebih satu tahun  kacer memang sudah berkicau secara alami, walau pun tanpa dilatih.

Demikian juga apabila kita membeli bakalan bakat alaminya tentu sudah terbentuk, dalam perawatan kita menjaga kebiasaannya di alam dan memberi pelatihan dengan mengisi suara kicauannya agar lebih bervariasi , sementara  bila memelihara piyik atau trotol sebenarnya akan lebih baik karena kacer yang dihasilkan akan cenderumg lebih bagus.

Variasi irama pun lebih beragam karena kacer mulai mengenal berbagai suara kicauan sejak masih piyik atau trotol, akan tetapi inti dasar melatih burung pada pokoknya adalaah mempersiapkan mental kacer agar tidak   ” down ” ( jatuh ) dan kalah dibanding burung lain.

Melatih Kekuatan Mental

Mental yang kuat merupakan salah satu indikator keberhasilan burung menjadi burung unggulan, dalam keadaan bagaimanapun burung masih mau berkicau,  sementara burung yang memiliki  kicauan bagus bila tidak kuat mental akan mogok dan tidak mau mempedengarkan kicauannya.

Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menguatkan mental burung kacer seperti berikut .

Penempatan Sangkar.

Pelatihan mental sebaiknya dimulai sejak usia muda, misalnya saat masih piyik atau trotol, pada awalnya sangkar ditempatkan agak jauh dari sangkar burung burung lain atau kacer yang sudah jadi biarkan ia mendengar suara kicauan dari kejauhan sehingga terdengar samar samar, detelah kacer muda mau bersuara dan terbiasa mendengar suara suara tersebut, sangkar bisa dipindahkansemakin  dekat jika masih mau bersuara sangkar semakin diperdekat lagi, demikian seterusnya hingga sangkarnya sudah bisa ditempatkan di antara burung burung lain.

Cara Melatih Burung Kacer, Latih mentalnya untuk berkicau ditempat yang lebih ramai, biasanya ditempat yang baru kacer menjadi stres dan mogok berkicau, namun setelah kacermampu beradaptasi burung ini akan milai nerkicau lagi. setelah kicauannya mantap dan tampak kacer gembira, sangkar dipindahkan lagi ketempat yang lebih gaduh.

Demikian dilakukan terus menerus, akhirnya kacer terbiasa dengan suara gaduh dan mengejutkan, dengan demikian saat mulai berlaga di ajang lomba burung, kacer sudah tidak kaget dan stres dengan suasana lomba sehingga kemampuan berkicau bisa ditunjukan secara optimal.

Suasana Pengangkutan

Supaya kacer tidak stres  dan loyo saat diangkut ketempat lomba, untuk menghindari masalah tersebut sebaiknya kacer dibiasakan mengenal suasana pengangkutan, rajin rajinlah mengajak kacer berkeliling bisa naik sepeda , sepeda motor maupun mobil, biasakan ia mendengar hiruk pikuk keramaian lalu lintas dan merasakan guncangan di perjalanan termasuk getaran melewati jalan berlubang.

Baca lanjutan nya di cara latihan bersama burung kacer

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar