Cara Memilih Burung Kacer

By | February 19, 2016

Cara Memilih Burung kacer

Cara memilih burung kacer – Lanjut dari artikel sebelumnya tentang Mengenal burung kacer sekarang kita akan membahas tentang Keistimewaan yang dimiliki kacer tentunya mampu menarik minat para penggemar burung memelihara burung kacer.Yang harus diperhatikan saat kita memilih calon kacer peliharaan.

Cara Memilih Burung Kacer
Cara Memilih Burung Kacer Memelihara kacer bisa sejak piyik, trotol, atau bakalan. beberapa pakar burung tanpaknya sepakat bahwa memelihara sejak piyik atau torol lebih baik dibanding memelihara yang sudah bakalan.

Mengapa ? sebab pemelihara bisa memberikan irama dan nada kicauan yang lebih variatif lebih mudah melatihnya sehingga menghasilkan kacer yang bagus.

Jenis kelamin.

Pilihlah burung kacer yang berkelamin jantan, karena burung jantan cenderung lebih pandai bernyanyi merdu dibanding yang betina, cara mgetahui kelamin jantan amati husus pada suara piyik piyik kacer pada waktu kelaparan , piyik tersebut akan mengeluarkan suara dalam beberapa waktu. ada yang terdengar lemah dan ada yang keras, jatuhkan pilihan pada yang bersuara keras, diantara yang bersuara keras tersebut pilih pula yang tampak lincah, keduanya biasanya menandakan bahwa piyik tersebut berjenis kelamin jantan sehingga bisa dijadikan bibit unggul.

Apabila kacer trotolan atau bakalan yang mesti dipilih , pusatkan perhatian pada warna bulunya, kacer trotolan betina maupun jantan sama sama memiliki warna kelabu suram, tetapi pada kacer jantan terdapat pula bintik bintik putih.

Untuk kacer bakalan , pemilihannya lebih mudah lagi cari yang warna bulunya hitam kelam dan mengkilap.sedangkan betina warna bulunya kelabu dan tidak mengkilap sehingga tanpak kusam.

Suara Kicauan.

Setelah kacer jantan dipilih , untuk kacer bakalan perlu dilakukan pengamatan terhadap suara kicaunya, pilih yang memiliki  dasar bagus, misal lagu yang dibawakan indah, volumenya cukup baik ( terdengar keras dan menonjol ) serta sudah mempunyai dasar variasi suara secara alami.

Tingkah Laku

Secara alami kacer memang lincah dan agak liar, saat membeli kacer trotolan atau bakalan sebaiknya keliaran menjadi perhatian khusus, apakah keliaran dan kelincahan yang diperlihatkan pertanda burung sedang gembira atau justru karena sedang mengalami stres akibat penangkapan sebelumnya, bila karena stres jangan dipilih karena kacer tersebut bermental buruk.

Kondisi Fisik

Pada saat membeli kacer, pastikan kacer tersebut memiliki  kondisi pisik yang baik dan sempurna, tidak cacat dan serasi posturnya,

Keserasian postur tubuh perlu diperhatikan ini kadang kadang sering terlewatkan, terutama para penggemar burung pormula, ketidak serasian  misal : badan besar tetapi kepala kecil.  badan kecil tetapi berkaki panjang , diyakini sangat berpengaruh pada kemapuan burung tersebut.

Banyak yang percaya burung yang bentuknya tidak serasi akan mempunyai banyak kekurangan dalam berkicau.bisa jadi kemampuan untuk ngerol ( berkicau terus menerus ) mengkristal , atau bervolume keras tidak sempurna. terakhir perhatikan bulu bulunya ada yang rontok atau gak.

Kesehatan Burung

Tidak jarang burung yang dijual baik piyik, trotolan atau bakalan berada dalam keadaan sakit,mungkin karena kondisi saat penangkapan kurang tepat atau kurang hati hati. untuk mencari kacer sehat perhatikan saja pandangan matanya bila tampak tajam bersinar alias tidak sayu, kacer tersebut bisa dipilih, ciri itu menandakan bahwa kacer itu sehat.
Baca juga lanjutan nya di Cara merawat burung Kacer

 

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar