Cara Mendidik Anak Yang Baik

By | April 24, 2016

Cara Mendidik Anak Yang Baik

Cara Mendidik Anak Yang Baik

Cara Mendidik Anak Yang Baik, Anak-anak   memiliki pemikiran dengan cara sendiri, dan tidak mudah untuk membentuk cara  yang kita inginkan pada  mereka. menurut pengamatan, anak-anak cenderung untuk meniru perilaku orang tuanya, makanya kita sebagai orang tua harus bersikap hati-hati saat anak-anak disekitar kita.

Kesabaran adalah satu kualitas yang  sangat paling penting yang orangtua harus memilikinya,   jika Anda ingin menanamkan nilai-nilai yang baik  pada anak Anda. perlakuan  kekerasan terhadap anak dapat membuat efek  yang merugikan pada kehidupan dewasa anak kita nanti.

Anak anak sangat susah mendengar nasihat dari orang tua, Anak-anak yang seperti ini memang sangat sulit untuk menanganinya,  Seorang anak, yang tidak  mau mendengarkan ucapan-ucapan / nasihat  manis dari orang tua  atau  tidak menanggapi segala jenis hukuman dari orang tua, hal itu bisa menjadi  suatu penyebab frustrasi cara mendidik anak  dalam hidup Anda.

Jika Anda mempunyai  anak-anak seperti itu, maka Anda harus mencari  beberapa cara baru untuk menangani masalah  ini. coba iming-iming Imbalan terbaik untuk anak-anak tersebut dan  beritahu anak Anda bahwa jika ia  dapat menyelesaikan  pekerjaan rumahnya, atau berperilaku  sopan seperti anak yang baik di hadapan tamu, maka Anda akan  memberikan hadiah/imbalan untuk membiarkan dia menonton film  kartun film favoritnya. dengan menepati janji-janji pada anak  Anda setiap kali anak Anda berperilaku baik. Namun  harus dipastikan jangan sampai  jadi kebiasan,  supaya anak anda tidak selalu meminta imbalan jika setiap kali dia melakukan sesuatu yang baik.

Seperti   orang dewasa, anak-anakpun memiliki alasan yang membuat anak itu marah, kalau memarahi anak harus baik-baik saja, beri kesempatan anak anda untuk meluapkan kemarahnya dengan cara yang tepat,  Yang paling penting, anda harus berhati-hati saat mengungkapkan kemarahan Anda sendiri di depan anak-anak .

Hindari segala bentuk bahasa kasar atau sumpah  serapah yang keras di depan anak-anak Anda ,  Anak-anak mempunyai  kecenderungan untuk mengambil bahasa gaul . Jika anak Anda marah  mengamuk  maka hati-hatilah, karena  hal itu bisa menjadi suatu cara sendiri untuk menyelesaikan sesuatu. belajar untuk mengabaikan amukan atau amarahnya , dan katakan  kepadanya bahwa ia hanya bisa  mendapatkan sesuatu apa yang ia inginkan, jika ia meminta dengan baik dan sopan. Ajarkan mereka  untuk menggunakan kata  ‘tolong’ dan ‘maaf’.

Jika Anda mempunyai  anak-anak yang tidak bisa fokus pada satu hal da mudah bosan , libatkan mereka dalam kegiatan  yang baru,  ini bisa sangat menantang. Ini adalah waktu yang sangat tepat untuk mengajarkan mereka  demi kepentingnya ‘ untuk prestasi’ dalam kehidupannya. Katakan kepada mereka  ini  tugas sangat penting  yang harus diselesaikan    sampai tuntas .

Setiap kali ia menyelesaikan  tugas. Cari tahu kegiatan apa yang dia suka lakukan, dan libatkan dirinya di dalam  untuk waktu yang lama. Hal ini sangat  memungkinkan dia untuk berkonsentrasi pada  suatu pekerjaannya untuk jangka waktu yang lebih lama.

Jika Anda menemukan anak remaja Anda yang bersembunyi di lorong-lorong gelap dengan sekelompok hooligan, maka sudah waktunya bagi Anda untuk membunyikan sebuah alarm atau peringatan . orang tua  sangat  prihatin tentang anak-anak yang terlibat masalah obat-obatan, pastikan Anda  dan  ungkapkan rasa  keprihatinan Anda dengan cara yang benar. jangan berteriak pada anak-anak atau  mengancam mereka, atau dengan mengusir mereka untuk meninggalkan rumah, itu  pasti tidak dihargai.

Hal ini akan membuat suasana  menjadi lebih parah, dan akan mengganggu masa depan anak Anda. Sebaliknya, jika anda membuat mereka memahami bahaya  masalah narkoba didalam kehidupan  dengan cara yang paling penuh kasih. Katakan padanya  kalau dia telah  membuat kesalahan dalam hidup , tetapi  jangan sampai  mengulangi lagi .

Membesarkan anak-anak memang  penuh tantangan , tetapi pada akhirnya orang tua  akan gembira  bila melihat anak  tumbuh menjadi dewasa  dengan penuh cinta dan peduli, hanya  dengan cara Anda anak-anak menjadi baik.

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar