Cara Menjadi Orang Tua Yang Bijak

By | February 10, 2016

Cara Menjadi Orang Tua Yang Bijak, Menjadi orang tua merupakan pekerjaan yang menyenangkan, tetapi seperti hampir semua jabatan lain ada hal hal yang kurang menyenangkan/mencemaskan.

10 Cara Menjadi Orang Tua Yang Bijak

Cara Menjadi Orang Tua Yang Bijak
Untuk menghilangkan kecemasan , tapi sekaligus tidak mengganggu kemampuan anda dalam menciptakan hal yang menyenangkan bagi anak, cobalah kita lihat kiat kiat Cara Menjadi Orang Tua Yang Bijak berikut ini :

1.Bebagi Tugas.

Bagilah tugas pada semuia anggota keluarga termasuk berbagi dengan pasangan dan anak anak ini penting agar tak ada yang merasa kelewat berat tugasnya atau justru terlalu relaks .

Jangan pikir anak anak tak bisa diberi tugas atau tangg ung  jawab dengan dimintanya membereskan mainan usai mereka main sebetulnya Anda sudah berbagi tugas dengan anak, ini  juga baik untuk melatih disiplin dan kemandirian.

2. Fleksible.

Bagaimana kalo anda tidak mempunyai cukup waktu untuk memasak makan malam atau membersihkan dapur?kehidupan keluarga tidak perlu mengikuti jadwal ketat ; bersikaplah fleksible tak perlu merasa diburu tanggung  jawab sampai sampai anda tak punya waktu untuk diri sendiri.

Jadi sesekali anda perlu memberikan kesempatan kepada anak dan pasangan yang membiarkan tiga buah garpu kotor ditempat cucian piring.

3. Tanggung Jawab.

Berikan tanggung jawab kepada anak, mereka akan menghargai kepercaan yang diberikan Anda dari situ Anda bisa memetik keuntungan lain yaitu pekerjaan rumah tangga bisa dikerjakan lebih cepat.Sehingga Anda bisa punya sisa waktu untuk relaks.bersama keluarga.

4. Minta Masukan.

Jangan merasa seolah  olah Anda harus memikirkan dan merencanakan setiap kegiatan keluarga.

Minta saran/ide pada anak anak dan catat baik baik ide mereka kadang kadang brilian disisi lain anak anak dengan senang hati bertanggung jawab untuk mewujudkan idenya tadi misal dia berjanji akan menyiapkan sendiri buku dan tasnya untuk sekolah esok hari gara gara Anda tak sengaja membuang kertas penting berisi catatan dimeja belajarnya nah Anda jadi tidak perlu lagi mengingatkan atau memburunya setiap hari kan?

5. Hargai Ide.

Sebagai orang tua , kita harus selalu ingat tiap anak mempunyai kepribadian  sendiri anak adalah mahluk unik jadi jangan marah kalau suatu saat ia tidak setuju demgan usul anda.

Yang penting ajarkan mereka bagaimana cara mengutarakan ketidasetujuannya itu secara sopan dan dan setelah itu kemukakan alasan kenapa Anda tak setuju dengan idenya.

Kalau belum belum anda sudah marah dan mengataakan pokoknya kamu harus menurut omongan ibu maka jangan harap dia mau memberi masukan atau mengungkapkan keberatannya .

Suatu saat ia akan berontak bahkan yang lebih parah lagi ia akan tumbuh jadi anak yang apatis.

6. Beri Pandangan.

Saat mereka kecewa,atau marah, entah itu soal temannya yang menyakiti hatinya atau kecewa  hasil ulangannya buruk padahal ia sudah belajar keras dengarkan unek uneknya pahami perasaan anak .

Jelaskan pula dalam hidup kita tak selalu harus berhasil atau merasa senang.

Tekankan pula padanya waktu akan menghilangkan persaan tersebut.

7. Kepercayaan.

Daripada Anda merasa stres dah bersikap over protektif saat sang anak menghadap masa sulit ( asalkan persoalan tidak terlalu serius) lepaskan saja rasa tanggung Anda dalam mengatasi masalah mereka, biasanya sang anak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri ( dengan bimbingan Anda kalau diminta).

Memberi anak kepercayaan amat penting ia akan tumbuh jadi sosok yang penuh percaya diri dan bertanggung jawab atas setiap ,putusan yang diambilnya.

8. Hanya Sehari.

Hari ini merupakan satu hari saja sepanjang hidup yakinlah saat ketegangan menimpa keluarga pasti anda dapat melewati dan melupakan dal;am satu atau dua hari.

9. Istirahat.

Beristirahatlah sejenak bila jadwal seluruh anggota keluarga terasa begitu padat kadang hal paling relaks yang dapat anda lakukan adalah melupakan dan bermalas malasan.

10.Manusia Biasa

Biarkan keluarga tahu Anda adalah manusia biasa yang punya kelebihan dan kekurangan  sekali waktu sah sah saja kalau Anda ingin mengisi waktu untuk diri sendiri mungkin anda ingin pergi ke spa menemui kawan lama dan laainnya .

Santai sebentar dapat menegarkan Anda kembali dan mungkin Anda akan menjadi orang tua yang lebih baik saat pulang.

loading...

2 thoughts on “Cara Menjadi Orang Tua Yang Bijak

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar