Cara Merawat Burung Kacer

By | February 20, 2016

Cara Merawat Burung Kacer

Cara Merawat Burung Kacer
Artikel lanjutan dari Cara memilih burung kacer Sekarang kita akan membahas tentang Cara merawat burung kacer, Perawatan yang baik dapat menghasilkan kacer yang bersuara istimewa, memang setelah dewasa  secara alami kacer pasti akan berkicau , namun dengan perawatan biasa biasa saja suara kicauannya kurang bagus dan kurang bervariasi yang ini perlu diperhatikan.

Sangkar dan Perlengkapannya

Sangkar kacer memang tidak memiliki bentuk standar, bisa berbentuk bulat atau persegi, ukuran pun tidak khusus, yang penting tidak terlalu kecil agar gerakan kacer bisa leluasa dan mamaksimal.

Makan dan minum adalah kegiatan harian yang dilakukan kacer didalam sangkar, oleh kareana itu didalam sangkar harus disedian tempat untuk pakan dan air minumnya, bahan yang digunakan sebaiknya plastik karena berkesan bersih  rapi dan transparan agar mudah nampak bila pakan atau air minumnya telah habis.

Cara merawat burung kacer, Untuk tempat pakan dan minum minimal disediakan tiga wadah, yaitu untuk pakan utama ( voor ) pakan tambahan  ( kroto / jangkrik ) dan air minum.

Tenggeran.

Hampir semua burung butuh tenggeran, jadi didalam sangkar harus disediakan batang tempat bertenggernya, tenggeran sebaiknya dari barang yang kuat, kalau bisa yang bercabang guna merangsang kacer tetap lincah dengan melompat lompat dari cabang satu kecabang yang lainnya.

Wadah Penampung kotoran.

Cara merawat burung kacer, Untuk mempermudah membersihkaan kotorannya sebaiknya wadah kotorannya diisi pasir atau dilapisi plastik, dengan adanya pasir dan plastik itu kebersihan bisa terjaga, karena kita tidak akan malas mrembersihkannya setiap hari, cukup dengan mengganti pasir atau plastik  sangkar menjadi bersih kembali.

Gantungan

Sangkar yang dijual biasanya sudah dilengkapi dengan gantungan, untuk menggantung burung peliharaan, untuk menghindari semut masuk kesangkar gantungan diberi stempet/gemuk .

Penempatan Sangkar.

Kacer adalah burung yang mampu menirukan suara burung lain disekitarnya, oleh karena itu penempatan sangkar bisa diantara sangkar burung burung lain, terutama burung yang memiliki suara merdu yang sesuai bila diisikan kedalam suara asli kacer, seperti jalak suren, hwa mei, punglor,  dan love bird, bila masih piyik atau trotolan  sebaiknya ditempatkan agak jauh dahulu, setelah beradaptasi sangkar bisa dipindahkan untuk saling berdekatan  dengan burung lain.

Pakan Utama dan Pakan Tambahan.

Cara merawat burung kacer, Pakan utama adalah pakan yang wajib diberikan pada burung guna memenuhi kebutuhan giji untuk pertumbuhan dan perkembangannya, pakan utama juga berfungsi meningkatkan  stamina burung menjadi unggul sehingga mudah dilatih, biasanya akan cepat bunyi.

untuk menjaga dan merangsang gairah kacer berkicau perlu juga diberi pakan tambahan, yaitu jangkrik dan kroto segar, jangkrik dipercaya membuat suara yang dihasilkan menjadi jernih, sedangkan kroto segar dapat merangsag gairah berkicau sehingga kacer menjadi rajin berbunyi dan kicauannya tida putus putus ( ngerol ).

Jangkrik bisa diberikan dua ekor/hari  satu diberikan pagi hari dan satu lagi diberikan sore harinya, kroto segar diberikan setiap hari pada pagi dan sore hari, tetapi dalam jumlah secukupnya aja jangan sampai terlalu banyak  , agar kacer tidak birahi, karena kacer burung yang mudah sekali birahi.

Cara merawat burung kacer, Wadah air minum tidak boleh sampai kosong, sebab dalam keadaan apapun kacer sangat membutuhkan air.

Air minum yang diberikan pada kacer sebaiknya air matang yang bersih,  air sehat yang sudah terbebas dari kuman, bahkan banyak pemelihara yang memberi air mineral ( aqua ) sebagai air minumnya setiap hari.

Kebutuhan Mandi.

Bagi kacer mandi adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan , sesuai kebiasaan di alam, kacer merupakan burung yang suka mandi, apabila jarang diberi kesempatan mandi, kacer akan menjadi loyo dan tidak bersemangat, lama kelamaan staminapun bisa turun, yang tentunya kacer menhadi malas berkicau.

Sebaiknya kacer diberi kesempatan mandi dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore, untuk piyik bisa dimandikan dengan handsaprayer yang memiliki  lubang semprot  paling halus, yang penting bulu bul;unya sudah basah dan mengenalkan piyik terhadap kebiasaan induk induknya di alam, trotolan dan bakalan tidak perlu disemprot , biarkan saja burung burung tersebut mandi sendiri.

Cara merawat burung kacer, Caranya, mula mula tempelkan pintu kedua sangkar ( sangkar kacer dan sangkar mandi ) dalam keadaan terbuka, giringlah kacer kearah sangkar mandi, setelah masuk biarkan kacer menikmati kesenangannya dengan mandi sepuasnya selama kira kira 10 – 15 menit

Penjemuran.

Penjemuran bisa dilakukan dibawar sinar matahari langsung , terutama pada pagi hari, jangan terlalu lama dijemur cukup sampai bulu bulunya kering. karena penjemuran yang terlalu lama bisa mengakibatkan kacer stres akibat kepanasan. pada sore hari cukup diangin anginkan saja.

Pengerudungan.

Guna memberi ketenangan dan memberi kesempatan beristirahat, pengerudungan perlu dilakukan, umumnya pengerudungan dilakukan setelah mandi dan diangin anginkan pada sore hari, kerudung bisa dibuka pada pagi hari.namun ada juga pemelihara yang mengerudunginya setelah penjemuran dipagi hari diangin anginkan. ternyata diperlakukan demikian justru sering menjadi juara diajang  lomba burung.

Penjinakan Kaber.

Cara merawat burung kacer, Kacer yang dianggap bagus umumnya adalah kacer  yang kesit alias liar dan tidak jinak, menurut beberapa penggemar burung kacer liar akan memiliki volume suara yang lebih kuat, tebal dan menonlol, kicauannya bisa los dan tidak tampak terdengan seperti tertahan.

Hanya kekurangannya apabila mentalnya tidak kuat burung ini mudah mengalami stres, sehingga pada saat seharusnya berkicau justru bungkam, terutama saat di kerumuni massa yang menontonnya berlaga.

Apabila lebih menyukai kacer jinak , menyuapi piyik kacer adalah hal yang sangat dianjurkan  juga memandikan dan menjemur diantara burung burung lain dan ditempat yang sering dilewati orang.

Perawatan Lainnya

Perawatan kacer yang juga perlu diperhatikan secara khusus adalah saat kacer tengah mengalami pergantian dan rontok bulu, yang memiliki istilah lain ngurak merupakan proses alami yang dialami oleh burung.

Dalam kondisi demikian ada baiknya kacer selalu dikerudungi agar merasa tenang beristirahat. sebaiknya jangan dimandikan dulu, pakan dan minumnya harus tetap menjadi perhatian pokok.

Pada saat ngurak ini ada baiknya kacer tetap mendengarkan suara kicauan burumg lain, baik dari sesama burung maupun dari kaset.

Baca lanjutan entang Cara Melatih Burung Kacer

 

 

 

 

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar