Cara Tepat Memotivasi Anak

By | February 11, 2016

Cara Tepat Memotivasi Anak

Cara tepat memotivasi anak ,Pahamilah motivasi  tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, tapi  juga anak- anak, Apa yang mereka pelajari ketika masa kanak-kanak akan terus terbawa sepanjang hidupnya.

Cara Tepat Memotivasi Anak

Mengajari mereka tentang motivasi dan tujuan pada usia dini akan membekali mereka menuju masa depan yang lebih cerah dan bahagia.

Mau tahu bagaimana caranya ? Simak berikut ini.

Dialog

Berdialoglah dengan mereka mengenai motivasi, ingat dialog berarti, Anda bukan satu-satunya subyek yang boleh bicara, beri juga mereka kesempatan untuk bicara.

Anda pasti terkejut  dengan konsep dan gagasan yang ada dikepala mereka, beberapa anak tidak mengerti pentingnya menetapkan tujuan dan bersikap positip, ajak mereka duduk dan bicarakan tentang motivasi dan tujuan dalam hidup mereka.

Bahasa Sederhana

Sederhanakanlah konsep motivasi dan tujuan saat bicara dengan anak Anda, ingatlah bahwa mereka adalah seorang anak .

Gagasan tentang ” Motivasi ” dan  ” tujuan ” harus disampaikan secara sederhana dengan cara yang mengasyikan bagi mereka.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menyederhanakan konsep tersebut, misalnya menggambar grafik perkembangan prestasi di rapot mereka dan menempelkannya di kulkas .

Cara tepat memotivasi Bicarakan dengan anak Anda tujuan yang ingin diraihnya, misal ingin masuk ranking 10 besar di kelasnya.

Dengan melihat naek turun grafik tersebut anak dapat memantau perjalanan prestasi mereka, sekaligus mengukur berapa langkah yang masih harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan, ini akan memberi mereka semangat untuk terus berprestasi.

Bila mereka telah mencapai tujuan, mereka akan gembira dengan usaha yang telah mereka perjuangkan selama ini, kadang cara sederhana ini sama efektifnya dengan memberi hadiah saat anak berprestasi.

Beri Teladan

Anak-anak belajar paling banyak dari orangtuanya, jika Anda ingin anak memiliki suatu sifat tertentu, bimbinglah mereka melalui contoh alias teladan, jika Anda ingin mereka termonivasi dan bersemangat mengenal suatu hal lakukanlah hal yang sama.

Jika Anda ingin anak memiliki tujuan, Anda pun harus menunjukan tujuan kegiatan Anda pada anak, jika anak melihat Anda tidak sekadar bicara, apa yang Anda ajarkan akan tertanam dalam diri mereka, jangan harap anak Anda akan datang ke sekolah tepat waktu kalau Anda tukang bangun kesiangan.

Imbalan

Jika Anda meraih tujuan dan tengat waktu pada pekerjaan Anda pasti mengharapkan imbalan dari atasan kan ? begitu pula dengan sikecil.

Coba saja, minta anak untuk memelihara kerapihan kamar, namun Anda bersikap acuh tak acuh saat anak sudah melaksanakannya, wah keesokan harinya kamar si Buyung pasti sudah seperti kapal pecah.

Tiap kali mereka melakukan tugas dengan baik, jangan lupa perlihatkan penghargaan dan kebanggaan Anda pada mereka.

Ini tidak hanya membuat mereka merasa penting dan berhasil, tapi juga menanamkan pendidikan yang Anda berikan.

Jika mereka berusaha  lebih keras, pujilah dan motipasilah mereka untuk meneruskannya.

Imbalan pun tak selalu harus berupa uang atau hadiah mahal, pelukan hangat, ciuman sayang, kata kata pujian, sering kali lebih berarti dibanding hadiah berupa barang.

 

 

 

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar