Kesehatan Wanita : Apa Ukuran Normal Rahim

By | July 18, 2016

Kesehatan wanita : apa ukuran normal rahim

Kesehatan Wanita : Apa Ukuran Normal Rahim

Kesehatan wanita  : apa ukuran normal rahim, Ukuran normal rahim bervariasi sesuai dengan usia wanita. perlu anda ketahui berapa  yang harus menjadi ukuran untuk  rata-rata rahim dan apa saja yang menunjukan pada perubahan itu.

Kesehatan Perempuan, salah satu organ yang paling penting dari sistem reproduksi wanita adalah rahim. Ini adalah merupakan bagian  yang utama dari sistem reproduksi wanita yang merupakan tempat implantasi dan pertumbuhan ovum dibuahi.

Ini adalah tempat di mana janin akhirnya berkembang menjadi bayi. Namun, pada masa kehamilan bahwa ukuran rahim dapat meningkat  bila dibandingkan dengan ukuran normal.

Evaluasi untuk memeriksa apakah seorang wanita memiliki rahim yang normal dan ovarium sangat penting untuk diketahui apakah seorang  wanita memiliki atau akan memiliki masalah ginekologi yang signifikan.

Juga, ini bertindak sebagai indikator besar kesehatan perempuan. Dikatakan bahwa ilmu pengetahuan tentang ukuran rahim dapat membantu mungkin memprediksi terjadinya dan perkembangan tingkat kondisi seperti mioma.

Rata-rata Ukuran Rahim, Ada tiga dimensi dari rahim yang biasanya dinilai untuk membantu menentukan ukuran rahim. Ini termasuk panjang rahim, yang diukur dari fundus (titik tertinggi dari pusat rahim) sampai pembukaan eksternal. Panjang juga dapat dihitung dari bagian anteroposterior, dengan panjang maksimum bagian midsagittal arah ini. Lebar terus diukur dengan memperkirakan pembacaan maksimum  yang diperoleh pada penampang fundus.

Kesehatan wanita : apa ukuran normal rahim, Ukuran perubahan rahim tergantung pada usia dan kondisi hormonal wanita. Sebelum seorang gadis mencapai pubertas, ukuran rahim normal memanjang sekitar 3,5 cm. dengan diameter anteroposterior saat ini dikatakan sekitar 1 cm. Ketika gadis itu mencapai pubertas, maka karena lonjakan sekresi hormon, rahim penampilan berbentuk seperti buah pir yang tepat, dan dimensi meningkat juga. Ukuran normal dari uterus dalam cm dikatakan 7,6 cm x 4,5 cm x 3 cm, dengan panjang menjadi 7,6 cm dan lebar menjadi 4,5 cm. Ketebalannya (anteroposterior diameter) biasanya sekitar 3 cm. Volume rahim bervariasi dan berfluktuasi antara 75cc dan 200cc. rahim beratnya sekitar 100 sampai 200 gram dan pada rata-rata, dapat dikatakan ukuran kepalan wanita.

Abnormal Ukuran Rahim, Ukuran rahim mungkin terpengaruh dan mungkin menjadi signifikan lebih kecil jika ada penebalan dinding rahim. Dalam hal ini, oleh yang lebih kecil, itu berarti bahwa volume uterus menurun, sebagai ukuran lumen berkurang karena pertumbuhan di dinding otot. Ukuran rahim juga berkurang bila ada rahim prolaps atau rahim turun. Di sisi lain, mungkin ada kondisi di mana ukuran rahim lebih dari biasanya karena kehadiran dua rahim, yang juga dikenal sebagai rahim ganda.

Rahim mampu memperbesar untuk ukuran alam selama kehamilan. Rahim yang membesar mungkin, bagaimanapun, menjadi tanda fibroid atau kista, terutama jika dilihat pada wanita menopause, yang merupakan waktu ketika rahim seharusnya untuk benar-benar menyusut dalam ukuran sedikit karena berhentinya sekresi hormonal dan terjadinya menopause . Ada banyak gejala rahim yang membesar yang dapat membantu dalam mengidentifikasi kondisi ini di awal sehingga dapat didiagnosis dan diobati sesegera mungkin.

Jadi, hati-hati untuk setiap jenis gejala rahim yang membesar dan mendapatkannya diobati tepat waktu untuk menghindari komplikasi lebih lanjut.

Save

Save

Save

Save

loading...

2 thoughts on “Kesehatan Wanita : Apa Ukuran Normal Rahim

    1. juragandavin Post author

      Kemungkina karena adanya sisa jaringan & infeksi tebentuknya jaringan abnormal akibat darah kotor yg tidak keluar, maka harus dipastikan/periksa ke dokter secara langsung kemungkinan USG sangat diperlukan. tks

      Reply

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar