Kesehatan Wanita : Kanker Payudara

By | June 20, 2016

Kesehatan wanita:kanker payudara

Kesehatan Wanita Kanker Payudara

Kesehatan wanita, Atipikal Ductal Hiperplasia (ADH) mengacu pada perkembangan lesi payudara karena proliferasi sel-sel abnormal di dalam saluran susu dari payudara. ADH dianggap menjadi faktor risiko atau prekursor untuk kelas rendah duktal karsinoma in situ, yang mengapa pengobatan yang tepat dan tindak lanjut menjadi sangat penting bagi mereka yang telah didiagnosis dengan ADH. Berikut Aetikel yang menyediakan informasi kondisi ini.

Istilah ‘hiperplasia’ mengacu pada pertumbuhan  yang berlebih dari sel-sel di bagian tubuh tertentu. Hiperplasia payudara, yang juga dikenal sebagai penyakit payudara proliferatif, mengacu pada pertumbuhan berlebih dari sel-sel di bagian kelenjar payudara. jaringan kelenjar, yang merupakan salah satu dari dua jenis utama dari jaringan yang ditemukan pada payudara, terdiri dari lobulus dan saluran. Jaringan yang mendukung, yang terdiri dari jaringan lemak dan jaringan ikat, mempengaruhi bentuk dan ukuran payudara.

Lobulus adalah kelenjar yang membuat ASI, sedangkan saluran membawa susu dari lobulus ke puting. Hiperplasia bagian kelenjar payudara dikategorikan ke dalam hiperplasia duktal dan hiperplasia lobular.

Pertumbuhan berlebih dari sel-sel abnormal pada saluran yang secara medis disebut sebagai atipikal hiperplasia duktus (ADH). Dalam kasus hiperplasia duktal atipikal, sel-sel terlihat normal di bawah mikroskop.

ADH adalah kondisi prakanker. Mereka yang dipengaruhi oleh kondisi ini tentu pada risiko lebih besar terkena kanker payudara. risikonya lebih tinggi, terutama dalam kasus wanita dipengaruhi oleh hiperplasia lobular.

Diagnosa, ADH asimtomatik, dan tidak menimbulkan gejala tertentu. Ini mungkin kebetulan terdeteksi selama pemeriksaan klinis. prosedur diagnostik seperti mamografi dilakukan ketika wanita mengeluhkan rasa sakit pada payudara, atau perubahan payudara terlihat lain seperti pembentukan benjolan, atau perubahan abnormal pada tekstur payudara.

Jika dokter menduga kelainan apapun setelah melakukan pemeriksaan payudara klinis, mereka mungkin merekomendasikan studi pencitraan payudara atau mammogram.

Kesehatan wanita: kanker payudara, Mikrokalsifikasi pada mammogram dapat menjadi indikator, tetapi ADH dapat dideteksi hanya melalui biopsi.

Sel-sel abnormal tersebut dapat dideteksi ketika sampel jaringan diperiksa di bawah mikroskop. Berbagai jenis prosedur biopsi dapat digunakan untuk mengambil sampel jaringan. Ini termasuk:

➞ Aspirasi jarum halus biopsi (penyisipan jarum kecil untuk mengambil sampel sel dari payudara)
➞ Inti biopsi jarum (penyisipan jarum besar untuk mengambil sampel lebih besar dari jaringan)
➞ insisi biopsi (pengangkatan sepotong kecil jaringan)
➞ Excisional biopsi (pengangkatan seluruh benjolan jaringan)

biopsi insisi atau eksisi dilakukan jika jarum halus biopsi atau biopsi inti tidak memberikan hasil yang konklusif. Lebih sering daripada tidak, sebuah biopsi dilakukan setelah biopsi jarum inti.

Dalam kasus ADH, lesi payudara mungkin memiliki beberapa fitur karakteristik DCIS (Ductal Carcinoma In Situ mengacu pada kanker non-invasif yang ditandai dengan pertumbuhan yang tidak terkendali dari sel-sel abnormal di dalam saluran susu), tetapi mungkin tidak memenuhi kriteria lengkap.

Pengobatan dan Pencegahan Tindakan, Sejak ADH meningkatkan risiko kanker payudara, bantuan medis harus dicari oleh seseorang yang terkena. Pilihan pengobatan dapat mencakup operasi, serta terapi obat.

Berikut adalah beberapa pilihan pengobatan dan tindakan untuk pencegahan yang  pada umumnya direkomendasikan sebagai berikut :

➞ Jika lesi payudara tampaknya menjadi progresif, dokter mungkin menyarankan penghapusan pertumbuhan melalui eksisi lokal luas, atau lumpektomi (pengangkatan jaringan abnormal bersama dengan margin atau jaringan sekitarnya yang normal).

➞ Wanita yang memiliki ADH harus sangat berhati-hati tentang perubahan bentuk dan ukuran payudara. Gejala lain yang tidak boleh diabaikan termasuk debit puting, atau adanya benjolan di dekat payudara atau di bawah lengan. Onkolog harus berkonsultasi dalam hal terjadi perubahan yang tidak biasa pada payudara atau kulit di sekitar mereka.

➞ Perempuan yang telah didiagnosis dengan ADH harus sering memeriksa payudara . Ini sangat penting untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri, setidaknya sekali setiap bulan. Pastikan bahwa Anda mendapatkan pemeriksaan payudara klinis dilakukan dua kali setahun. Tindak lanjut juga melibatkan pemeriksaan mammogram tahunan atau MRI.

➞ Jika kanker payudara berjalan dalam keluarga, dan Anda membawa mutasi gen BRCA yang meningkatkan risiko untuk kanker payudara dan ovarium, dokter mungkin menyarankan bilateral mastektomi profilaksis (operasi untuk pengangkatan kedua payudara. Ini mengurangi kemungkinan kanker payudara berkembang di masa depan .

➞ Peningkatan kadar estrogen diyakini meningkatkan risiko kanker payudara. Selektif reseptor estrogen modulator (SERM) mengacu pada kelas obat yang mencegah estrogen dari mengikat ke reseptor estrogen yang ditemukan dalam jaringan payudara. Tamoxifen (Nolvadex) dan raloxifene (Evista) adalah obat yang tergolong selektif modulator reseptor estrogen. Perempuan yang datang dalam kelompok risiko tinggi mungkin akan diminta untuk mengambil obat ini untuk jangka waktu lima tahun.

➞ Terapi penggantian hormon bisa meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita menopause. Dengan demikian, wanita yang memiliki ADH harus menghindari terapi hormon selama menopause.

➞ Merokok, penyalahgunaan alkohol, penggunaan mengunyah tembakau, obesitas, dan gaya hidup bisa menempatkan perempuan pada peningkatan risiko mengembangkan kanker payudara, yang mengapa modifikasi gaya hidup yang diperlukan harus dilakukan.

Kesehatan wanita: kanker payudara, Hal ini diyakini bahwa 20% dari wanita yang telah didiagnosis dengan ADH dapat mengembangkan kanker payudara dalam waktu 15 tahun. Sejak deteksi dini dan pengobatan tepat waktu hiperplasia duktal atipikal meminimalkan risiko kanker payudara, wanita harus segera mencari bantuan medis dan  memperhatikan setiap perubahan yang tidak biasa dalam payudara.

 

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar