Kisah Nabi Adam AS Bagian ke .I

By | March 15, 2016

Kisah Nabi Adam AS

Kisah Nabi Adam

Adam and Eve

Kisah Nabi Adam AS Bagian ke .1, Adam as adalah manusia pertama, sekaligus sebagai Nabi yang pertama di Bumi ini, beliau dijadikan oleh AllahSWT dari tanah yang dibentuk serupa manusia, kemudian ditiupkan ruh ke dalamnya sehingga hidulplah beliau, di dalam Al-Qurab Allah SWT menerangkan kejadian ini dengan firman Nya :

Dan sesungguhnya Kami jadikan manusia dari tanah yang kering dan dari lumpur hitam yang dibentuk. (S. Al-Hijr : 26) oleh karena itu Nabi Adam as, disebut bapak manusia, karena  dari beliaulah asal keturunan semua manusia – bukanlah manusia itu berasal dari kera, seperti pendapat orang orang tertentu.

Sebelum Nabi Adam as. dijadikan,  terlebih dahulu Allah SWT menjadikan makhluk bangsa Jin dari api yang sangat panas, didalam firman – Nya, Allah SWT menerangkan :

Kami telah menjadikan Jin , sebelum manusia, dari api yang sangat panaas ( S. Al-Hijr :27 ), setelah Allah SWT menjadikan Nabi Adam as, dengan sebaik baiknya, Dia kemudian memerintahkan kepada sekalian malaikat agar bersujud untuk menghormatinya, kecuali Iblis yang sombong dan congkak, karena dia merasa dirinya lebih mulia dari pada Nabi Adam as.

Kisah Nabi Adam AS ke .1, Menurut Iblis, dia dijadikan dari api , sedangkan Adam dijadikan dari tanah , maka dia enggan bersujud kepada Adam, didalam Al-Quran, Allah SWT menerangkan peristiwa itu dengan firman Nya :

Ingatlah ketika Allah berfirman kepada para malaikat , ” Sujudlah kamu sekalian kepada Adam !” maka bersujudlah malaikat kecuali Iblis,  dia enggan dan sombong, maka dia adalah termasuk golongan yang kafir, (S, Al-Baqarah : 34)

Allah berfirman : ” Hai Iblis mengapa engkau tidak turut bersama-sama mereka yang bersujud?” Iblis menawab : “Aku tidak mau sujud kepada manusia yang Engkau jadikan dari tanah kering dan dari lumpur hitam yang dibentuk, ” Allah berfirman ” Keluarlah engkau dari sini, hai Iblis karena sesungguhnya Engkau terkutuk sampai hari pembalasan ” (S, Al-Hijr :32-35)

Siti Hawa diciptakan, dan Iblis Memperdayakannya

Di Surga Nabi Adam as, merasa kesepian karena ia hidup sendirian, maka Allah SWT menciptakan seorang wanita sebagai pasangannya, yaitu Siti Hawa, Allah menceritakan tentang hal ini dengan firman Nya :

Kisah Nabi Adam AS ke .1, Hai Adam diamlah engkau bersama istrimu (Hawa) didalam surga dan makanlah dengan bebas apa apa yang engkau sukai, tetapi janganlah engkau dekati pohon kayu ini, apalagi sampai memakan buahnya jika engkau dekati niscaya engkau nanti menjadi orang yang aniyaya. (S. Al-Baqarah :35)

Maka Nabi Adam pun hidup di Surga bersama itrinya ( Hawa ) dengan damai dan bebas memakan apa saja yang ia suka kecuali pohon kayu berbuah  itu yang tidak diperbolehkan Allah SWT.

Sejak terkutuk dan terusir dari surga, Iblis kemudian selalu berupaya untuk mengoda nabi Adam as dan istrinya  Siti Hawa, dan benarlah kedua hamba Allah akhirnya terpedaya oleh bujukan Iblis.

 

 

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar