Kisah Nabi Adam Bagian ke 3

By | March 15, 2016

Kisah Nabi Adam Dijadikan Khalifah di Muka Bumi

Kisah Nabi Adam Bagian ke 3, Ketika Allah SWT akan menciptakan Nabi Adam  as, Ia terlebih dahulu memberitakannya kepada para malaikat.

Didalam Ar-Quran Allah SWT berfirman :                                                                                                             yang   artinya, : Ingatlah ketika Allah berfirman kepada para malaikat : ” Sesungguhnya Aku akan menjadikan seorang khalifah di muka bumi” Jawab nereka” Apakah patut Engkau menjadikan seorang khalifah di muka bumi, yang akan berbuat binasa dan saling menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih memuji.Mu dan menyucikan Mu ?” Allah berfirman ” Sesungguhnya Aku mengetahui apa apa yang tigak kamu ketahui ” (S.Al.Baqarah : 30 ).

Diajari Bermacam – macam Ilmu

Segala sesuatu terjadi dengan rencana Allah SWT. Demikian pula tentang dikeluarkannya Nabi Adam as, dan istrinya dari surga, untuk dijadikan khafilah di muka bumi ini, seseorang yang akan menjadi khalifah (wakil Allah) tetulah harus mempunyai ilmu yang cukup, jika tidak demikian halnya , tentulah orang itu tidak dapat memimpin, untuk dirinya sendiri sekalipun.

Kisah Nabi Adam Bagian ke 3, Maka kepada Adam as, Allah SWT memberikan beberapa pelajaran dan petunjuk sehingga beliau menjadi pandai, namun bagaimanapun pandainya, dibandingkan dengan Ilmu Allah, ilmu manusia ini ibarat setetes air ditengah samudra yang amat luas itu.

Didalam Al-Quran, Allah SWT menerangkan hal ini dengan firmannya : Tidaklah kamu diberi ilmu pengetahuan, kecuali sangat sedikit. (S.Al-Isra :85)

Setelah Nabi Adam mengetahui nama nama segala benda yang ada disekitarnya, Allah SWT kemudian mengumpulkan para malaikat dan bertanya kepada mereka tentang nama nama benda benda itu.

Tetapi para malaikat ternyata tidak mengetahui apa apa, didalam Al-Quran diceritakan : Allah mengajarkan kepada Adam nama nama (benda benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada malaikat seraya berfirman :

” Sebutkanlah kepada Ku nama benda benda itu jika kamu memang orang orang yang benar!” Mereka menjawab : ” Mahasuci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Sesungguhnya Engkau lah yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana ” ( S. Al-Baqarah: 31-32

Iblis Diberi Tangguh sampai Hari Kiamat

Kisah Nabi Adam

Kisah Nabi Adam Bagian ke 3, Setelah jatuh keputusan Allah SWT untuk mengusirnya, Iblis kemudian memohon kepada Nya agar memberikan kesempatan ( dengan memanjangkan usianya ) untuk membalas sakit hatinya kepada Nabi Adam as, dalam pandangan Iblis, Adam as, adalah musuhnya, karena oleh sebab Adamlah dia terusir dari surga untuk ini, Al-Quran pun telah menyebukannya.

Berkata Iblis, ” Ya Tuhan, berilah saya kesempatan sampai hari manusia dibangkitkan ”  Allah berfirman : Sesungguhnya engkau diberi waktu ( umur panjang ) sampai hari yang ditentukan,” Iblis berkata : ” Ya Tuhan, disebabkan Engkau telah menyesatkan daku, maka akan aku hiasi mereka ( Manusia ) dengan kejahatan yang ada dimuka bumi ini, dan akan aku sesatkan mereka semua kecuali hamba hamba Mu yang ikhlas ” (S. Al-Hijr : 36 -40)

Dan Allah SWT memperkenankan permohonan Iblis itu, didalam Al-Quran diterangkan :

Kisah Nabi Adam Bagian ke 3, Allah berfirman : Inilah jalan yang lurus , kewajiban, Kulah (menjaganya). Sesungguhnya terhadap hamba-Ku, tidak dapat engkau menguasainya kecuali orang orang yang mau mengikuti engkau diantara mereka yang sesat.

Sesungguhnya neraka jahanamlah tempat siksaan mereka semuanya, bagi neraka itu ada tujuh pintu, dan pada tiap tiap pintu ada bagian yang ditentukan untuk orang orang yang berdosa. ” (S.Al-Hijr : 41 -44).

Dengan keterangan ini, jelaslah bagi kita, bahwa Iblis itu adalah musuh yang amat nyata bagi manusia, karenanya, semestinyalah manusia selalu waspada terhadap godaan dan tipu dayanya.

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar