Mengenal Burung Kacer Indonesia

By | February 19, 2016

 Mengenal Burung Kacer

Mengapa kacer dikagumi.

Mengenal burung kacer, Saat ini jumlah penggemar burung kacer semakin banyak saja, selain karena lagi trend, pada umumnya mereka juga tertarik karena suaranya, yang khas dan cukup unik.

mengenal burung kacer
Suaranya terdedengar seperti memaki maki ” Cah … cah … cah .. caah yang akan menjadi serasi dan merdu saat dikombinasikan dengan suara kicauan yang ramai da keras Ciiip .. cip .. cip nadanya yang tinggi seolah olah mampu memecah keheningan suasana malamyang sepi dan hening.

Burung kacer berkicau tidak mengenal waktu selama dalam keadaan riang kacer selalu  berkicau seakan tiada kenal lelah.

Mengenal burung kacer, Selain dengan suaranya tersebut, sosok tampilannya pun tidak kalah menarik, walaupun yang hitam kelam bervariasi putih menjadikannya tambah gagah.

Dengan berbagai keistimewaannya itu, kegagahan dan keelokan  suaranya memang pantas untuk dipilih menjadi sebuah maskot.

Mengenal Burung Kacer.

Burung berpenampilan gagah ini , sesungguhnya mudah dijumpai , ditaman, daerah daerah pedesaan, dan hutan hutan dataran rendah.

Mereka berterbangan kesana kemari, akan tetapi sejak namanya mencuat menjadi trend dan banyak digemari populasinya menjadi semakin berkurang.

Tentunya hal ini berkaitan dengan gencarnya penangkapan, memang kemudahan memeliharanya   dari alam menyebabkan penangkaran dirasa tidak perlu  padahal dengan tidak adanya penangkapan justru akan membuat kacer semakin sulit didapat, beruntung kacer merupakan burung yang mudah berbiak di sepanjang tahun.

Darimana kacer ini berasal, tidak diketahui dengan pasti yang jelas burung ini ada dimana mana, penyebarannya luas terutama didaratan  Asia  yang  beriklim tropis dan  merupakan dataran rendah, India, Filipina, dan Indonesia merupakan wilayah yang dihuni kacer.

Perkembang Biakan Burung Kacer.

mengenal burung kacer
Mengenal burung kacer, Karena banyak jenis makanan yang bisa disantap oleh kacer membuat burung ini tidak pernah kesulitan dalam mencari makanan, oleh karena itu masa berkembangbiaknya tidak dibatasi musim,

Kapanpun kacer berkembangbiak induknya akan mudah mencarikan makanan buat anak anaknya.

Kacer merupakan burung yang mudah mengalami birahi, begitu birahi burung ini akan segera mencari  pasangan  untuk  kemudian berbiak.

Walaupun berbiaknya cukup panjang , tetapi puncaknya terjadi pada bulan April sampai Juni, hal ini dimungkinkan karena pada masa itu kroto segar mudah diperoleh, padahal kroto segar diyakini mempermudah burung kacer menjadi berahi.

Identifikasi Burung Kacer.

Kacer dikenal sebagai burung lokal, walaupun kenyataannya burung ini tidak hanya dijumpai di Indonesia saja, tetapi jenis kacer yang berada di Indonesialah yang diyakini memiliki keistimewaan.

Ciri ciri Umum kacer dan Kerabatnya.

Kerabat kacer yang terdekat adalah burung murai, hal ini ditunjukan dengan namanya yang begitu sama,” Copsychus”

Ciri Ciri khusus kacer

Mengenal burung kacer, Ukuran dan bentuk tubuh ukuran tersebut dapat menunjukan dari mana kacer berasal , pada umumnya kacer yang berasal dari Sumatera memiliki ukuran yang paling besar, disusul dari jawa timur relatip agak panjang, lalu Jawa Baeat.

Bentuk kepalanya bulat, paruhnya ramping dengan bagian ujung runcing seperti ujung pensil, kakinya relattif agak panjang dan sayapnya cukup besar.

Hampir semua burung kacer memiliki warna bulu hitam dan putih, warna hitang lebih mendominasi dibanding warna putih, yaitu pada bagian kepala, dada, punggung, sebagian sayap serta sebagian ekornya.

Perut dan pantat kacer bisa berwarna hitam bisa pula berwarna putih, tergantung pada jenis atau asal burung, paruhnya berwarna hitam sehitam bulunya, sedang kakinya berwarna hitam keabu abuan.

Suara Kicauan

Burung ini mampu bersiul dengan keras, variasi nada dan irama lagunya cukup banyak karena kacer merupakan burung cerdas yang memiliki kemapuan menirukan suara burung lain.

Tingkah Laku

Kacer merupakan burung lincah yang suka memperagakan diri, saat beristirahat dicabang pohon burung ini masih tetap sibuk melompat lompat dari cabang ke cabang yang lain , kadang sambil mengembangkan sayapnya,

Jenis Jenis Burung Kacer

Mengenal burung kacer, Jenis burung kacer secara umum dibedakan berdasarkan asal daerahnya, ada kacer Sumatera, kacer Kalimantan, kacer jawa barat, kacer jawa Timur, kacer Nusa tenggara barat( termasuk kacer bali) dan masih banyak lagi.

Kacer sumatera

Kacer Sumatera memiliki kekhasan bulunya, bulu pada sebagian dada dan perutnya berwarna putih, sedangkan pada bagian lain didominasi oleh warna hitam seperti kacer pada umumnya, warna putih juga ada pada bagian sayap dan ekor.

Perbedaan lainnya adalah ukuran tubuh, umumnya mempunyai ukuran tubuh besar dan montok, suara kicauannya juga bervariasi , tetapi variasinya masih kalah dibandingkan kacer jawa timur.

Kacer jawa barat

Umumnya kacer jawa barat dianggap mempunyai sifat dasar binal dan liar, bahkan dengan pemiliknyapun susah akrab, lompatan lompatannya sering tidak mengarah , kadang kadang suka mengadukan paruhnya ke jeruji sangkar, tidak aneh apabila kita dapati burung kacer jawa barat sering ,memgalami luka pada bagian pangkal paruh.

Juga suara kicauannya kurang bervariasi, cenderung monoton, padahal kalau ditilik dari kemampuan kacer untuk menirukan suara burung lain, kacer jawa barat ini bisa juga memperkaya variasi vokalnya.

Ciri kacer jawa barat yang bisa diamati adalah warna bulunya, warna hitamnya tidak selegam jenis lain, agak kusam atau tidak mengkilap.hal ini desebabkan oleh warna hitam dan putih pada bulunya tersusun seimbang.

Kacer jawa timur

Kacer jawa timur sosok tubuhnya lebih besar dibanding kacer jawa barat, tetapi lebih mungil dibandingkan kacer sumatera, bulunya didominasi warna hitam kelam mengkilat termasuk pada bagian perutnya,hanya pada kedua sayap dan ekornya yang divariasi oleh warna putih.

Disamping itu suara kicauannya sangat kaya akan variasi banyak irama dan nada yang mampu ditiru dari burung lain, sifatnya yang agak jinak dan cepat akrab dengan pemilik, menyebabkan kacer jenis ini mudah dibina dan dilatih.

Agaknya hal hal itulah yang menjadikan kacer jawa timur menjadi pilihan banyak penggemar burung,  dalam ajang lombapun kacer jawa timur senantiasa mampu menjadi juara.`
Baca artikel selanjut nya Cara Memilih burung Kacer

 

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar