Misteri Ikan Lele Raksasa Mekong

By | September 10, 2016

Misteri Ikan Lele Raksasa Mekong

Misteri Ikan Lele Raksasa Mekong

Misteri Ikan Lele Raksasa mekong,  Tahukah Anda? ada ikan air tawar terbesar yang pernah ditangkap dan itu adalah ikan lele raksasa yang ditangkap di sungai Mekong  Thailand utara pada tahun 2005. yang panjangnya hampir 9 kaki  (2,7 m) dan berat 646 lbs (293 kg).

Salah satu ikan terbesar di dunia, Mekong ikan lele raksasa, seperti yang satu ini di perahu nelayan, bisa mencapai 10 kaki (3 meter) panjang dan berat sampai 650 pound (300 kilogram). jenis ikan ini terancam punah dan sangat  menderita  dalam kehidupannya kerena penangkapan ikan yang berlebihan, juga  pembangunan bendungan, dan perusakan pada habitatnya.

Ikan air tawar scaleless terbesar di dunia hidup dalam keadaan  lemah di perairan yang airnya warna coklat dan keruh di Asia Tenggara tepatnya di sungai Mekong, ikan itu bagaikan mitos karena panjangnya mencapai hampir 10 kaki (3 meter) panjang dan berat 650 pound (295 kilogram), Mekong ikan lele raksasa yang hidup di bagian bawah Sungai Mekong, di Kamboja, Laos, Thailand, dan Vietnam.

Setelah banyak jumlah penduduk yang telah turun kesungai yang jumlahnya hampir 95 persen  di seluruh sepanjang sungai Mekong  selama bertahun-tahun yang lalu, dan ikan lele raksasa yang hampir terancam punah ini sekarang berada di ambang kepunahan. penangkapan ikan yang berlebihan  adalah penyebab utama dalam penurunan ikan lele raksasa, juga pembendungan dari sungai Mekong, bisa dijadikan alasan penghancuran, pemijahan dan pembibitan, dan pendangkalan sungai telah mengambil banyak korban besar pada ikan tersebut. Beberapa ahli berpendapat mungkin hanya beberapa ratus ekor ikan saja yang masih hidup.

Misteri ikan lele raksasa mekong, Mekong ikan lele raksasa memiliki mata yang sangat rendah dengan warna  keperakan dan ke abu-abu gelap di atas dan keputihan kuning di bagian bawah. Mereka adalah herbivora ompong yang hidup dari tanaman dan ganggang di sungai.

Ikan lele yang masih remaja dikepala bagian memakai karakteristik lele “berkumis,” yang disebut sungut, namun fitur ini hilang dengan bertambahnya usia pada ikan tersebut.

Makhluk yang berupa ikan lele raksasa ini memerlukan tempat yang membentang luas disungai untuk perjalanan kehidupan mereka pada musim dan kondisi lingkungan yang ada di daerah pemijahan dan pembiakan mereka.

Mereka diduga terutama di Danau Tonle Sap di Kamboja dan bermigrasi ratusan mil utara tempat pemijahan di Thailand. dengan adanya Bendungan dan perambahan manusia, telah sangat terganggu pada siklus lehidupan mereka.

Upaya internasional  cara untuk menyelamatkan spesies ini. Sekarang ada larangan (ilegal) di Thailand, Laos, dan Kamboja untuk menangkap ikan lele raksasa itu, dan sekarang di Thailand, sekelompok nelayan saudah berjanji untuk menghentikan penangkapan secara liar pada ikan lele raksasa, untuk melestarikan ikan lele raksasa sebagai raja di atas takhta.

Namun, dalam penegakan pembatasan penangkapan dan memancing di banyak desa-desa yang terpencil di sepanjang sungai Mekong hampir mustahil, kalau larangan itu akan berlanjut.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar