Misteri Ikan Penghisap Darah Dari Brazil

By | September 8, 2016

Misteri Ikan Penghisap Darah Dari Brazil

Misteri Ikan Penghisap Darah Dari Brazil

Misteri Ikan Penghisap Darah dari Brazil, Di antara banyak ikan yang berkembang biak di sungai amazon,  disamping ikan piranha yang dikatan sangat berbahaya, tapi ada lagi ikan yang sangat berbahaya  yang menghantui di sungai amazon dan sangat ditakuti  melibihi dari ikan piranha yaitu ikan Candiru  (ikan penghisap darah).Candiru (meurut bahasa Tupi) adalah sejenis ikan yang ukuran panjangnya  hanya sekitar satu inci  yang bebentuk seamacam belut dan tembus pandang sehingga sangat sulit untuk dilihat.

Ikan Candiru adalah boleh dikatakan jenis ikan parasit atau ikan vampir, ia biasa masuk ke ingsang ikan lain yang ukurannya lebih besar, dengan mengeluarkan tulang belakangnya dan ditancapkan pada ikan itu untuk mengisap darahnya, sehingga ia bisa bertahan di ikan  lain untuk meminum darahnya sehingga dijuluki ikan vampir dari sungai amazon Brazil.

Candiru (Vandellia cirrhosa) adalah ikan sejenis lele kecil yang juga  menurut legenda ikan itu dapat memasuki lubang urine orang yang sedang buang air kecil di dalam air sungai Amazon. mungkin Ikan ini mengira air urin adalah air yang dikeluarkan dari insang ikan yang biasa  dia isap darahnya, dan candiru pun akan berenang masuki ke lubang urin yang dia sangka adalah air yang keluar dari insang seekor ikan.

Dengan masuknya ikan ini ke lubang urin tentu saja akan membuat rasa sakit  dan perih yang sangat ekstrim pada alat kelamin orang yang malang itu. belum lagi duri di kepalan candiru yang ditancapkan di dalam alat kelamin itu  membuat ikan ini akan sangat sulit untuk dikeluarkan, dengan cara amputasi adalah satu-satunya jalan atau tindakan yang bisa diambil.

Bisa juga dengan pengobatan tradisional yaitu dengan dua tanaman, Xagua (Genipa americana) dan apel Buitachdengan cara  dimasukkan ke daerah yang terkena ikan candiru itu. Kedua tanaman ini  bisa membunuh dan melarutkan ikan tersebut. karena  infeksi, bisa menyebabkan shock juga kematian pada korban sebelum ikan candirú dapat diambil.

Misteri ikan penghisap darah dari Brazil, Meskipun banyak catatan mengenai serangan ikan candiru pada manusia yang sedang buang air kecil di sungai daerah Amazon, tapi hanya ada satu kasus yang terjadi belum lama ini yang benar-benar terjadi, yaitu kasus pada kejadian tahun 1997,  pada saat seseorang pria yang berusia 23 tahun sedang  buang air di sungai  amazon yang airnya setinggi paha, tiba-tiba kemasukan  ikan candiru.

Jeremy Wade, ahli biologi dari Inggris, menyelidiki kejadian  ini untuk Discovery Channel’s River Monsters. Korban yang kemasukan ikan candiru ini akhirnya menjalani operasi urologi, selama dua jam dioperasi untuk pengambilan Candiru tersebut.

Dr D. Scott Smith, yang juga sebagai Kepala Penyakit Infeksi di Kaiser Permanente,memberikan gambaran bahwa hewan tersebut, yang masuk ke dalam saluran kencing pemuda itu adalah hewan yang memiliki sesuatu  yang tajam seperti  dan sangat kecil yang digunakan hewan itu untuk menguatkan pegangan pada inangnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan Candiru ada beberapa macam jenis catfish kecil, yang ada di perairan daerah  Amazon dan  diberi nama yang sama yaitu Candiru (dari bahasa Tupi).

Bentuk ikan-ikan itu memang agak mirip, dan sama-sama menghisap darah dari jenis ikan lainnya yang lebih besar. ikan Candiru berenang masuk ke dalam insang ikan yang lebih besar dan mengisap darah inangmya.

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar