Misteri Pegawai Yang Dijadikan Tumbal Majikannya

By | April 20, 2016

Misteri Pegawai Yang Dijadikan Tumbal Majikannya

Misteri Pegawai Yang Dijadikan Tumbal Majikan

Misteri Pegawai Yang Dijadikan Tumbal Majikannya, Kejadiannya sudah lama sekali, diceritakan oleh teman saya sewaktu sama sama  di kelas 3 SMP Jampang tahun 1982, waktu itu lagi ngobrol ngobrol masalah pesugihan, kalau orang sunda bilang pesugihan itu namanya nyegik, ceritanya sebagai berikut :

Di suatu kampung sebut saja namanya kampung X, ada sebuah keluarga yang kehidupannya sangat minim sekali, sehingga kedua orang tuanya ( suami istri ) sebut saja yang suami namaya Pak Dolin dan isterinya bernama  Bu Tarsih, mereka berdua  bekerja pada orang kaya/saudagar di kampung X tersebut sebagai pembantu/buruh.

Isterinya bekerja sebagai pembantu dirumah mengerjakan pekerjaan sehari hari dirumah saudagar tersebut, sedangkan suaminya bekerja sebagai pengelola sawah saudagar kaya itu dari mulai nyangkul sampai panen..

Karena dinilai kerjanya sangat baik   oleh majikannya, sehingga suami isteri itu dibuatkan  sebuah rumah yang lumayan cukup bagus, dan tinggal bertiga sama anaknya yang baru usia 8 tahun.

Semakin lama usaha saudagar itu semakin maju, bahkan saudagar itu membuat satu kamar tempat tidur khusus yang perlengkapannya sangat mewah, dengan perlengkapan untuk tidur( Kasur ) sangay empuk, pokoknya lebih bagus bila dibandingkan dengan kamar-kamar yang linnya yang ada dirumah saudagar itu.

Pada suatu malam, Pak Dolin diundang sama majikannya itu, dan disuruh tidur dikamar yang mewah itu, karena yang nyuruh majikan, juga tempat tidurnya enak tentu saja Pa Dolin tidak bisa menolaknya, akhirnya malam itu  Pak Dolin tidur dikamar yang mewah itu.

Pada keesokan harinya tetangga pada ribut karena  Pak Dolin pagi paginya kedapatan sudah meninggal, padahah sebelumnya Pak Dolin itu sehat-sehat saja, Bu Tarsih isterinya tidak percaya kok suaminya bisa meninggal mendadak,  padahal kemarin kemaring biasa saja, karena penasaran akhirnya Bu Tarsih mencari orang yang bisa menemukan jalan keluarnya.

Bu Tarsih mendatangi seorang Kiyai, dan memohon untuk melihat kejadia apa yang menimpa suaminya, kok bisa meninggal mendadak, tanpa sebab sebabnya, akhirnya bapak Kiayi meneropong dengan mata bathinnya, sesudah itu beliau bertanya pada Tarsih, sekarang suamimu sudah dikuburkan belum tanya Kiayi itu, sudah jawab Tarsih, kalau gitu yu kita gali lagi kuburannya kata Kiayi, akhirnya masyarat setempat ramai rami menggali kuburan Pak Dolin yang baru satu malam dikubur itu dengan disaksikan Pak Kiayi.

Pas diangkat dan dibuka bungkusa kain kapan itu semua orang pada kaget, ternyata yang dikubur itu bukan mayatnya Pak Dolin … tapi gedebomg pisang yang dibungkus sama kain putih, akhirnya masyarakat dikampung itu pada rame muprotes pada saudagar itu, tapi untung Pak Kiayi bisa meredam amarah masyarakatnya.

Akhirnya Pak Kiayi berdoa meminta supaya Pak Dolin bisa dikembalikan lagi untuk berkumpul bersama keluarganya, dan hasilnya Alhamdulillah selang dua hari Pak Dolin datang dengan napas yang tersengal-sengal, sesudah Pak Dolin istirahat masyarakat terutama isterinya nanya, Pak ada apa dengan Bapak, apa yang telah terjadi tanya isteri dan masyarakat itu.

Karena didesak terus akhirnya Pak Dolin bercerita, Pada malam itu tepatnya sekitar jam 12, saya mendengar ada suara kereta kuda, dan salah satu dari mereka mengetuk kamar minta dibukain pintu, pas saya buka saya melihat ada rombongan diantaranya ada sang Ratu diatas kereta kudanya itu, mereka bilang katanya mau jemput saya karena sudah waktunya, dengan secara paksa saya dibawa sama rombongan itu tahu kemana, eh beberapa lama kemudian saya disuruh pulang lagi, katanya ada kamu disini udara rasanya panas sekali tutur Pak Dolin menutup ceritanya.

Alangkah bahagianya isteri dan anak Pak Dolin bisa berkumpul kembali seperti semula, dan mengucapkan terima kasih sampai beberapa kali sama Pak Kiayi.

 

 

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar