Tanya Jawab Servis Mobil

By | February 26, 2016

Tanya Jawab Servis Mobil

Tanya Jawab Servis Mobil – Kerusakan dan gangguan mobil sangat banyak penyebabnya, dan sering kali sebuah kerusakan yang nampaknya sepele karena dibiarkan saja akhirnya berakibat patal ata sebaliknyakerusakan yang sepele dikhawatirkan kerusakan besar, semua itu terjadi karena ketidak tahuan pemilik mobil atau montir tentang rahasia dari kerusakan dan gangguan mobil.

Tanya Jawab Servis Mobil
Ada beberapa teori atau pengertian pada tanya jawab yang tujuannya untuk mendukung praktek servis atau reparasi mobil, bersama ini kami sampaikan beberapa tanya jawab mengenai kerusakan dan cara memperbaikinya.

 

Tanya Jawab Servis Mobil Mesin mati dijalan yang macet, Mesin mobil suhu normal dijalanan yang lenggang tanpa masalah, tetapi begitu masuk kota dimana jalanan macet , putaran mesin menurun bahkan sering mati sendiri, setelah diperiksa sistem pengapian baik, kondidsi mesin juga  masih baik , apa yang tidak beres ?

Jawab   :

Jika sistem pengapian baik, kondisi mesin juga baik, coba periksa aliran bensinnya, kemungkinan aliran bensin kurang lancar, hal ini dapat disebabkan oleh penyumbatan uap bensin pada saluran bensinsehingga aliran bensin terhambat, uap bensin tersebut terjadi karena suhu mesin sangat panas sementara jalannya mobil tidak lancarkarena jalanan macetpenyumbatan bensin tersebut disebut juga vapour lock, cara mengatasinya keluarkan bensin yang tersumbat dengan jalan dihisap.

Mesin mati karena kehujanan, Mobil berjalan dibawah guyuran air hujan, jalan yang dilaluipun banjir, tiba tiba mesin mati, meskipun telah berulang kali distarmesin tak mau hidup lagi, apa sebabnya ?

Jawab :

Kemungkinan penyebabnya adalah bagian bagian yang peka pada mesinlemasukan  air, bagian tersebut misalnya karburator, sambungan sambungan atau terminal dari kumparan penyalaan , tutup distributor dan busi , bersihkan bagian bagian tersebut dengan kain lap yang kering.

Mesin mobil berbunyi tek tek, timbul suara pada mesin, setelah katupnya disetel suara tersebut berkurang tetapi bersamaan dengan itu tenaga mesinnya turun terutama ketika ditanjakan , apa sebabnya ?

Jawab :

Memperhatikan gejala gejala kemunkinan bunyi tersebut berasal dari katup, penyetelan katup tersebut kurang tepat yaitu celahnya terlalu besar, ulangi lagi penyetelan katupnya setelah itu jika suara tek tek nya masih timbul cari lagi dengan seksama , kemungkinan ada benda yang nyangkut kemudian kena gerakan mesin, lihat juga tali kipasnya.

Pada putara stasioner mesin berbunyi tek tek, jika suhu mesin dingin dan mesin hidup pada putaran stsioner maka dari arah mesin timbul suara tek tek, tapi jika putaran itu ditambah atau suhu mesin telah panas bunyi terdebut tidak terdengar, apa sebabnya?

Jawab :

Kemungkinan penyebab adalah oli tidak cepat naik, sementara itu ada bagian mesin yang telah locak misalnya katup penekan katup , poros kam, poros engkol, dan metalnya tidak mendapatkan pelumasan , akibatnya timbul bunyi karena gesekan atau tumbukan langung dua logam, tetapi jika putaran mesin ditambah kapasitas pompa oli bertambah begitu juga dengan tekanannya sehingga dapat mencapai  komponen mesin yang harus dilumasi, akibatnya bagian yang kocakpun terlumasi sehingga suara hilang.

Tanya Jawab Servis Mobil Saat digas medadak mesin mengelitik, mengapa saat mesin digas timbul suara mengelitik dari arah mesin dan dari kenalpot keluar asa putih kehitam hitaman ? apakah campuran gasnya terlalu kaya atau ada komponen yang rusak ?

Jawab :

Penyebabnya adalah karena saat pengapian kurang tepat sehingga ledakan yang terjadi melawan gerak piston dan timbulan suara mengelitik, asap yang putih berarti oli dari karter ikut terbakar, tetapi gas buang yang putih kehitam hitaman berarti campuran terlalu gemuk sekaligus oli ikut terbakar, komponen yang perlu diperbaiki adalah ring piston , silinderdan mungkin bushing katupnya, saat pengapian pada mobil tersebut perlu dimundurkan sedikitagar tekanan akibat pembakaran bahan bakar terjadi tepat pada beberapaderajat engkol setelah piston melewati TMA, untuk menyetelnya putar distribusi kekanan ( searah dengan putaran mesin) sedikit setelah baut pengikatnya dikendurkan.

Dari arah mesin terdengar suara ketukan, mobil secara rutin di tune up, tetapi akhir ahkir ini terdengan suara ketukan berat dari arah mesin , apa sebabnya ?

Jawab :

Tune up adalah menservice bagian bagian mesin yang ringan saja seperti membersihkan saringan udara setel katup dan ganti olim meskipun sering di tone up mobil tersebut tidaklah berarti bagian berat dari mesin beres, melihat gejalanya maka terdapat bagian yang kocak pada mesin tersebut, letaknya dibagian dalam , ada dua logam yang bertumbukan kemungkinan adalah piston dengan sel;indernya , batang piston dengan poros engkol, atau poros noknya telah aus, untuk memperbaikinya mesin harus diangkat.

 

loading...

2 thoughts on “Tanya Jawab Servis Mobil

  1. edho

    Mau tanya om. Klo jenis oli gardan / transmisi daihatsu ayla mt 100cc. Itu oli terpisah atau gabung jdi satu ya. Utk transmisi dan gardan nya. Klo iya jenis oli yg bgaimana rekomendasinya. Masing2 brp liter. Tks

    Reply
    1. juragandavin Post author

      Oli transmisi & oli gardan terpisah, untuk transmisi oli SAE 80W API GL-4 1,25 LITER dan untuk gardan SAE 90 API GL-5 1 LITER

      Reply

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar