Tipe Ibu Ideal yang baik

By | February 11, 2016

5 Tipe Ibu Ideal

Seorang Tipe ibu ideal agaknya dapat dilihat dari hubungannya dengan anaknya, anak merupakan mahluk unik yang sedang berkembang itu melalui tahapan tahapan tertentu yang sulit diprediksikan.
Tipe Ibu

Mungkin saja seorang ibu ini hanya ideal untuk anak dalam tingkat perkembangan tertentu, tapi menghambat untuk tingkat perkembangan lainnya.

Misalnya ada ibu yang lebih suka untuk memberi perlindungan untuk tipe ini, ia hanya cocok untuk anak berusia 0 sampai 8 bulan dan belum tentu untuk anak berusia remaja.

Lima Tipe

Natalia Shainess, psikiater, mengatakan bahwa seorang anak dalam perkembangannya menuju dewasa dan mandiri membutuhkan lima nacam tipe ibu.Jadi boleh dikatakan untuk disebut sebagai ibu ideal seseorang harus mempunyai kelima sifat itu.

Kelima tipe ibu ideal tersebut adalah sebai berikut :

Pertama :

  • Tipe ibu yang penuh dedikasi dan perhatian. tipe ini cocok untuk bayi dari 0 Sampai 8 bulan, sibayi memerlukan seorang ibu yang dengan sabar meneteki,membersihkan  popoknya, bermain tepuk tangan dan membunyikan giring giring seolah olah suatu  permainan yang sangat mengasikan, ibu yang penuh kasih sayang hangat dan lemah lembut terhadap buah hatinya.

Kedua :

  • Ibu yang senang membiarkan anaknya mengambil inisiatip risiko sendiri demi      perkembangannya, tipe ini cocok untuk anak yang berusia diatas 8 bulan sampai dengan 5 tahun, ibu yang suka protektip tidak cocok lagi untuk anak berusia diatas delapan bulan karena bisa menghambat kemajuan anak.
  • Perlu dipahami bahwa anak diusia diatas 8 bulan sampai 5 tahun harus merangkak, berdiri, mengjangkau, berjalan memanjat dan berlari, masa ini adalah masa pertumbuhan atau perkembangan fisik yang aktip , ibu harus membiarkan anak untuk mengembangkan kepercayaan diri dalam usahanya mengusai lingkungan.

Tiga :

  • Ibu yang melepaskan ambisinya untuk membebentuk anak menurut cita citanya       sendiri, tipe ini cocok untuk anak yang berunur diatas 5 tahun smpai 12 tahun,  anak sedang belajar disekolah Dasar selama masa ini sampai anak jadi remaja, perkembangan intelektualnya sangat penting.
  • Bila dalam usia ini ibu terlalu campur tangan  dan terlalu mengatur segala kegiatan sianak , bisa membuat anak tersinggung sehingga ia jadi anti pati kepada orang tuanya.
  • Anak ingin menganut hidup sendiri dan membutuhkan bantuan saat yang mereka inginkan.
  • Pada masa ini , anak membutuhkan seorang ibu yang rela membiarkan anaknya untuk mengembangkan   pribadi dan  bakatnya berdasarkan ilmu pengetahuan yang diperolehnya baik disekolah maupun lingkungan bemainnya anak ingin membentuk dirinya sendiri menurut cita citanya.

 

Masa Remaja  

Empat :

  • Ibu yang kehidupannya seksualnya variatip dan memuaskan tipe ini cocok untuk anak 12 tahun sampai 18 tahun, yaitu anak mulai menginjak   usia remaja.
  • Pada  masa ini  merupakan periode dimasa orang tua dan anak saling berhadapan dengan pandangan baru, Orang tua perlu memahami bahwa pada masa remaja ini, anak sangat kritis terhadap sikap pura pura.
  • Biasanya dengan mata tajam dia melihat adanya jurang pemisah antara sesuatu yang dikatakan orang tua dan perbuatannya .
  • Misalnya dalam cara bergaul , merokok ,seks. Pada suatu pihak mungkin ibu merasa gelisah sekali oleh kematangan seksual anaknya,  khususnya bagi ibu yang secara bersamaan mengalami rasa cemas menghadapi  masa menapouse bagi ibu yang mempunyai kehidupan seksual yang variatf dan memuaskan.
  • Tahun tahun  mendatang bukan merupakan kekosongan tetapi adalah babak baru bersama suami nya dengan penuh kemesraan  biasa  nya tipe ibu yang keempat ini akan berusaha menghadapi anak remajanya dengan bijaksana seperti ibu masih berada dalam usia anaknya,
  • Sehingga segala sesuatu tentang anaknya sangat dipahami nya untuk mengambil tindakan yang tepat.

Lima :

  • Ibu yang bisa menghormati anaknya yang telah dewasa ,tipe terakhir ini cocok untuk anak yang telah berusia 19 tahun keatas .
  • Dalam periode ini yang paling menonjol  adalah sikap saling menghargai menghormati dan mengerti antara anak dan orang tuanya.
  • Anak yang telah dewasa dapat berdikari dan mampu membantu orang  tuanya, dalam situasi anak dapat membantu orangtua ini ,siibu akan sangat merasa senang .
  • Karena anak sudah dewasa dan sudah berumah tangga pula. siibu sangat merasa bangga bisa menjadi nenek yang baik, sekaligus akan menjadi   hiburan tersendiri.

Kebutuhan.

Tidak semua ibu yang sanggup menjadi lima wanita sekaligus dengan sikap dan sipat yang  berbeda.

Namun bukan mustahil hal ini bisa dilakukan ibu dalam mendidik anak  anaknya sampai dewasa.

Karena bagaimanapun juga , ibu yang baik pasti ingin belajar baik dari kehidupan sehari hari maupun dari buku buku yang ada .

Suatu hal yang sangat penting adalah seorang ibu perlu menempatkan dirinya dengan tepat. sesuai dengan perkembangan mental, dan usia anaknya. bila anak sudah remaja tapi masih diperlakukan seperti usia 8 tahun tentu tidak akan mencapai sasaran, anak tak akan mau diperlakukan seperti itu.

Seorang anak semenjak lahir sampai dewasa memiliki kebutuhan berbeda . Saat bayi anak butuh perlindungan dan perhatian , saat usia SD  selain butuh perhatian anak juga butuh kebebasan .

Begitulsh seterusnya hingga mereka sampai usia dewasa ibu memang perlu memperhatikan perkembangan itu dan selanjutnya memberikan pelayanan yang dibutuhkannya.

Untuk bisa menjadi ibu ideal seorang ibu menyesuaikan diri terhadap ituasi dan kondisi si anak, dan  yang   terpenting seorang ibu perlu memenuhi kebutuhan psikologis sianak sepanjang waktu hingga  ia bisa mandiri dalam artian sesungguhnya.

Untuk ini seorang ibu yang ideal perlu mngetahui dan memahami berbagai bentuk kebutuhan psikologis anak tersayang,  ibu bisa belajar dari lingkungan atau dari brbagai media cetak maupun elektronik .

Dalam mendidik anak ibu tetap harus selalu belajar sekaligus menerapkan  motto pendidikan long litteeducation dalam diri sendiri

             

 

loading...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar